[vd-breadcrumbs]

Tuntut Program Berkualitas “PJ Bupati Sampang Diminta Tidak Cawe Cawe Politik Jelang Pilkada”

Juli 11, 2024 | by Putra Channel | [vd-hit] Views
AddText_07-11-12.36.05

Sampang||Channel.com

Proses tranparansi evaluasi PJ Kades di Kabupaten Sampang kian menjadi sorotan banyak kalangan, kontek pemicu yang beredar adalah ketidak transparan Pemkab Sampang melalui Tim Evaluasi Kabupaten untuk kinerja PJ Kades, pasalnya menurut beberapa sumber memaparkan bahwa proses evaluasi sendiri telah melahirkan asumsi negatif pada Tim evaluasi kabupaten sejak Kabupaten sampang dijabat PJ Bupati Rudy Arifianto, Kamis (11/7/2024).

Salah satu sebab yang menjadi munculnya mosi tidak percaya pada proses evaluasi PJ Kades adalah Indikator penilaian dari semua point’ yang di evaluasi kan atas kinerja PJ Kades itu sendiri, dimana pada hal ini Tim evaluasi kabupaten yang mewakili Pemkab tidak pernah melibatkan BPD selaku dewan pengawas desa yang mempunyai tugas dan fungsi serta wewenang bahkan pengawasan terhadap kinerja PJ Kades itu sendiri.

Lantas dari mana acuan tim Kabupaten Sampang yang melakukan proses evaluasi PJ kades bila informasi dari BPD dan pemerintahan desa tidak digunakan ?? masak iya Tim Kabupaten Sampang mengetahui sendiri catatan kinerja PJ Kades yang ditugaskan di desa kalau tidak dari lembaga sah desa yakni BPD selaku Dewan pengawas desa?? kan ngawur namanya ujar ketua Ormas Komando HAM LIHON.

Jangan-jangan ” Proses evaluasi PJ Kades ini memang dilakukan untuk mengganti PJ Kades bukan mengontrol kinerja PJ Kades” sebab kalau acuannya kinerja tak sepatutnya Tim kabupaten dalam proses evaluasinya mengabaikan rekomendasi apa lagi terbukti tidak melibatkan BPD yang kabarnya sudah melayangkan nota protes dengan membawa hasil Musdes, baik aspirasi masyarakat, penilaian kinerja Bahkan Hasil evaluasi kinerja PJ Kades atas desa itu sendiri selama menjabat sudah dituangkan, jelas Lihon.

Lihon menambahkan Evaluasi PJ Kades itu bagus untuk dilakukan karena memang ada aturan yang memuatnya, akan tetapi evaluasi PJ Kades itu juga penting mematuhi aturan pada proses pelaksanaannya, buktikan kepada masyarakat Sampang kalo evaluasi PJ Kades ini demi desa dan masyarakatnya, jelaskan dan paparkan hasil evaluasi se luas luasnya kepada seluruh masyarakat Sampang untuk mengakses informasi hasil evaluasinya agar tercipta penilaian objektif terhadap kebijakan Pemkab Sampang dalam pelaksanaan evaluasi PJ Kades yang selama ini banyak memantik permasalahan.

Untuk PJ Bupati Sampang saya berharap fokus membenahi Kabupaten Sampang dengan program yang berkualitas, jangan hanya sekedar melakukan rutinitas tanpa ada kebijakan yang menjadi prioritas, kami menunggu kebijakan dan program inovasi bukan kebijakan yang menjadi pemicu munculnya konflik yang justru menghilangkan harmoni kerukunan masyarakat dan toleransi, seperti evaluasi PJ Kades ini.

Saya harap pemerintah daerah penuh pertimbangan terkait banyak nya aspirasi BPD yang punya kepentingan atas kemajuan desanya, Menjelang pilkada saya minta kepada PJ bupati Sampang agar tidak cawe cawe dalam urusan politik Sampang “Apabila PJ Bupati Sampang cawe cawe maka orang pertama yang akan mengutuk anda adalah saya”, tutup Lihon. (Red)

Share Artikel
Posted in
Tags in
RECOMMENDED FOR YOU